Sabtu, 15 Oktober 2016


Gunung Gede cukup favorit dikalangan Pecinta Gunung khususnya di Jwa barat dan sekitarnya. Termasuk dalam Taman Nasional Gede Pangrango, Gunung Gede mempunyai ketinggian 2958 Mdpl. ada beberapa jalur untuk bisa mencapi puncaknya. Diantaranya adalah, Jalur Cibodas, Jalur Gunung Putri dan jalur Selabintana.
1. Pos Pendakian
Gunung Gede mempunyai prosedur pendaftaran secara online yang dilakukan 2 bulan hingga 2 hari sebelum pendakian. Batas maksimum pendakian 2 hari 1 malam dan ketika hari pendakian pendaki harus membawa surat keterangan Sehat.


2. Telaga Biru
Awal Pendakian pendakai akan melewati jalan setapak yang berbatu, kawasan hutan dengan kicauan burung dan suara-suara monyet akan menghibur para pendaki.  Dan baru pendaki akan sampai di Telaga biru dengna ketinggian 1500 Mdpl.

2. Rawa Payangcangan
Dari telaga biru pendaki akan melewat sebuah jembatan kayu yang sedikit sudah rusak. Dibutuhkan kehati-hatian dalam melewatinya. Dan setelah berjalan sekitar 1 km pendaki akan kembali menumui jalur berbatu dan tidak lama akan sampai di pos payangcangan Kuda dengan ketinggian 1628 Mdpl. di sini juga merupakan persimpangan jalur antara antara jalur cibereum dan puncak. Pendaki bisa mengambil air di air terjun cibereum ini dan untuk melanjutkan pendakian harus kembali lagi ke pos payangcangan.

3. Rawa Denok
Setelah berjalan selama kurang lebih satu jam dari Rawa payangcangan pendaki akan sampai di rawa denok. Jalan menuju tempat ini sangat nyaman karena sudah dilapisi dengan beton.

4. Pos Air Panas
Dua jam perjalanan dari Rawa denok, pendaki akan sampai pada sebuah jalan tembus aliran air panasa dari puncak gunung Gede. Jalan yang dilalui sangat ekstrim dan membutuhkan kehati-hatian yang ekstra. Tak lama berjalan pendaki akan sampai pada shelter yang terdapat sebuah kolam mini dengan air panas. Biasanya pendaki merendam kaki mereka di sini.

5. Kandang Batu
Hanya berjalan sekitar satu jam maka sampailah di pos Kandang batu dengan ketinggian 2220 mdpl. di pos ini terdapat sungai dengan air hangat. Beberpa pendaki bisa mandi di tempat ini.

6. Kandang Badak
Menuju ke pos dengan ketinggian 2395 Mdpl ini jalan yang dilalui landai dan banyak turunannya. Di pos ini adalah tempat terakhir pendaki bisa  mengisi persedian airnya. Tempat ini juga adalah tempat yang sangat enak untuk mendirikan tenda dan bermalam. Puncak Sudah tidak jauh lagi dari pos ini.

7. Puncak Gede
Perjalanan menuju ke puncak Gede sedikit melelahkan. Waktu yang dibutuhkan sekitar dua jam. Ditengah perjalanan akan ditemui percabangan ke arah Puncak Pangrango. Jika ke kiri kita akan sampai di puncak Gede dan yang ke kanan adalah Puncak Pangrango. Puncak gede sangat indah dan di lereng-lerengnya dipenuhi dengan bunga edelweis.


B. ESTIMASI WAKTU
Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak gunung gede sekitar 445 menit atau 7jam 20 menit. Dan total waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pendakian dari dan ke pos pendaftaran sekitar 2 hari 1 malem, atau 36 jam. Pendakian 8 – 12 jam dan istirahat di surya kencana 8 jam.
 Estimasi waktu pendakian Gunung Gede-Pangrango kurang lebih selama 7-8 jam berjalan, dengan catatan anda hanya mendaki satu puncak saja antara Gede dan Pangrango. Jika ingin mendaki kedua puncak, anda butuh waktu kurang lebih 9-10 jam. Rinciannya bisa dilihat dibawah ini.
Jalur pendakian melalui Cibodas

1. Pos Pendaftaran – Telaga Biru (30 menit)
2. Telaga Biru – Rawa Panyangcangan (20 menit)
3. Rawa Panyangcangan – Rawa Denok 1 (10 menit)
4. Rawa Denok 1 - Air Panas (2 jam 15 menit)
5. Air Panas – Kandang Batu (1 jam)
6. Kandang Batu – Kandang Badak (1 jam 10 menit)
7. Kandang Badak – Puncak Gunung Gede (2 jam)
8. Kandang Badak – Puncak Gunung Pangrango (2 jam)

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Unordered List

Sample Text

Blog Archive

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget